English Arabic
Home » , , » Distannak Aceh Utara Dituding Kelabui Petani

http://fima-payabakong.blogspot.com/2013/05/profil-rajuli.html
Rajuli (Dok FIMA)
Lhoksukon, (Analisa). Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Aceh Utara dituding telah melakukan penipuan dan pembohongan terhadap petani di kabupaten ini terkait program benih padi bersubsidi.

Ketua Forum Interaksi Mahasiswa (FIMA) Paya Bakong, Rajuli, dalam siaran pers yang diterima Analisa, Minggu (5/1) mengatakan, pada Oktober 2013 sebagian petani sudah melakukan setoran dana tebusan ke Distannak untuk mendapatkan benih padi bersubsidi, namun hingga saat ini benih bersubsidi tersebut belum disalurkan.

Petani yang sudah menyetor dana tebusan, yaitu petani Gampong (desa) Blang Gunci  Tgk Dibanda Pirak Kecamatan Paya Bakong, serta Aluee Rimee, Serdang, Paya Jalo, Ulee Blang, Pucok Alue, Alue Bungkoeh, Minje Tujoh, Teupin U, Ceumeucet dan Bili Baro Kecamatan Pirak Timu, dan beberapa kecamatan lainnya.

“Namun, Distannak hanya mengumbar alasan dan janji kepada petani bahwa persediaan benih tidak cukup dan dana tebusan akan segera dikembalikan, namun sangat kita sayangkan hingga saat ini benih padi belum disalurkan dan uang tebusan pun tidak ada kejelasan,” ujar Rajuli.

FIMA Paya Bakong menyesalkan kinerja Distannak Aceh Utara yang tidak sesuai dengan apa yang disampaikan kepada petani terkait program benih subsidi tersebut.

“Selain itu kami mendesak Distannak Aceh Utara untuk bertanggung jawab dan segera mengembalikan uang tebusan benih yang dikutip dari petani” pintanya.

Rajuli menambahkan, apabila Distannak lepas tangan, tidak tertutup kemungkinan para petani akan membawa masalah ini ke ranah hukum. (bsr)

Redaksi: Safrizal
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg





Diberdayakan oleh Blogger.